INFO RENTAL TERBARU
TARIF FLEKSIBEL, SERVICE EXCELLENT
INFO RENTAL
SEWA MOBIL DAN PAKET WISATA MURAH BOOKING KE MANA SAJA, KAPAN SAJA DAN START DARI MANA SAJA
INFO RENTAL
TIDAK MELAYANI PAKET SEWA SELF-DRIVE (LEPAS KUNCI)
087738074082
082136056127
5A878051
Customer service 1

Customer service 2

Wisata Gunungkidul Jogja/Yogya yang Eksotis dan Menakjubkan

Rabu, Desember 30th 2015.

Wisata Gunungkidul- Wisata Gunungkidul Jogja/Yogya yang Eksotis dan Menakjubkan

Paket Wisata Gunungkidul yang kami sediakan mempunyai pilihan, sebagai berikut :

1.Gunung Api Purba Nglanggeran, Gua Pindul

2. Air Terjun Sri Gethuk, Gua Rancang Kencono

3.Kalisuci, Gua Jomblang

4.Pantai Baron, Krakal, Kukup, Indrayanti.

Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran adalah satu gunung api purba yang ada di Jogjakarta dan pernah aktif pada puluhan juta tahun yang lalu. Gunung api ini tersusun oleh batuan beku berupa andesit lava dan breksi andesit. Terletak di dusun Nglanggeran Kecamatan Pathuk Gunungkidul dan brada pada deretan Pegunungan Sewu.

Berikut gambar mengenai Gunungapi Purba Nglanggeran :

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

Untuk mencapai puncak tertinggi Gunung Api Purba ini harus melewati jalanan tanah serta lorong-lorong bebatuan yang sempit dengan waktu tempuh pendakian kurang lebih 1,5 sampai 2 jam. Untuk melewati bukit-bukit yang pendek Anda harus menggunakan tali. Dan sudah ada papan petunjuk yang memandu Anda agar tidak tersesat.

Gunung Api Purba saat ini berupa deretan gunung batu raksasa dengan pemandangan yang eksotik serta bentuk dan nama yang unik dengan cerita rakyat sebagai pengiringnya. Jika beruntung di puncak Gunung Api Purba ini Anda dapat menikmati indahnya sunrise karena tempt ini merupakan spot terbaik bagi Anda yang suka memburu sunrise.

Wisata Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran adalah salah satu tempat wisata yang lokasinya terletak tak jauh dari Gunung Api Purba. Embung adalah semacam danau/telaga buatan dan ini merupakan suatu kata yang digunakan oleh orang Jawa untuk menyebut telaga buatan. Fungsi embung di sini adalah untuk mengairi kebun buah di sekitar Gunung Api Purba disamping sebagai obyek wisata. Embung ini terletak di dusun Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Pathuk, Gunungkidul. Berikut gambar suasana Embung Nglanggeran :

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini disarankan sore hari, agar Anda dapat menyaksikan pemandangan yang indah dan dapat menikmati senja tanpa terhalang pepohonan ataupun perbukitan. Di pagi hari pun Anda dapat menyaksikan panorama yang sangat mempesona.

Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Tempat ini merupakan lokasi ketiga yang bisa Anda kunjungi di tempat yang sama dan tidak jauh lokasinya dari Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran. Berupa air terjun bertingkat yang merupakan magnet baru wisata di Nglanggeran dan merupakan salah satu keindahan alam yang tersembunyi yang baru-baru ini banyak dibicarakan.

Lokasi tempat ini berada di kawasan Gunung Butak, dusun Nglanggeran, desa Putat, Kecamatan Pathuk Gunungkidul. Air terjun dengan ketinggian sekitar 25 m yang memiliki keunikan berupa kontur bertingkat, terletak di sebelah selatan kaki bukit Gunung Api Purba. Tidak hanya unik tetapi Anda di sini juga bisa menikmati pemandangan bentang alam di sekitar lokasi berupa perbukitan dan lembah yang asri. Berikut gambar mengenai wisata Air Terjun Kedung Kandang :

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

Ada dua jalur untuk bisa mencapai tempat ini yaitu jalur utara dan jalur selatan. Jalur Utara ditempuh dari kawasan Gunung Api Purba berjalan beberapa ratus meter ke selatan mengikuti jalan aspal sampai menemukan plakat dengan penunjuk jalan. Sementara pintu masuk jalur selatan ditempuh melalui pertigaan Sambipitu, lurus ke utara  arah Gunung Api Purba tepatnya melalui desa Sendangsari, Putat, Pathuk, Gunungkidul.

Wisata Gua Pindul

Gua Pindul adalah obyek wisata berupa gua yang terletak di desa Gelaran Kelurahan Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Gua Pindul memiliki panjang sekitr 350 m lebar 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Berikut ini gambar yang menunjukkan wisata Gua Pindul :

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

Jika Anda memasuki gua ini dengan cara menyusuri dengan naik ban menggunakan pelampung Anda akan menemukan bahwa gua ini memiliki 3 zona yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap. Akan menempuh waktu sekitar 45 menit agar dapat selesai menyusuri gua ini. Wisata di gua pindul pada dasarnya adalah menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua.Kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing. Perjalanan dimulai dari mulut guasampai bagian akhir gua dimana di dalam gua terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilalui oleh satu ban pelampung. Sehingga Anda akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini.

Di sini Anda akan merasakan sensasi menelusuri sungai di dalam gua menggunakan ban pelampung sambil menyusuri gelapnya lorong gua yang berhiaskan stalaktit dan stalakmit yang indah. Bahkan disini Anda disodori dengan legenda pengembaraan Joko Singlulung mencari ayahnya.

Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk adalah air terjun yang indah di Gunungkidul dan tak pernah berhenti mengalir di setiap musim. Air terjun ini terletak di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan yang hijau. Gemuruhnya memecah keheningan di bumi Gunungkidul yang terkenal kering.

Inilah salah satu dari keindahan yang tersimpan di daerah wisata Gunungkidul yang terletak di desa wisata Bleberan.  Untuk dapat sampai ke lokasi Anda harus naik kendaraan melewati areal hutan kayu putih milik PERHUTANI dengan kondisi jalan beraspal bagus hingga jalan makadam. Berikut ini gambar mengenai Air Terjun Sri Gethuk :

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

 

Wisata Gua Rancang Kencono

Gunungkidul adalah sebuah wilayah yang terletak di deretan Pegunungan Sewu di Jogjakarta yang memiliki banyak gua yang terssebar di perut bumi. Hal ini dikarenakan daerahnya masuk dalam kawasan pegunungan yang terdiri atas material  karst/ kapur. Di mana pada daerah seperti ini biasanya banyak terjadi fenomena di permukaaan yang menghasilkan bentuk perbukitan, dan fenomena bawah permukaan yang melalui proses waktu akan menghasilkan bentuk contohnya adanya sungai bawah tanah, telaga hingga luweng atau dalam istilah geologi disebut ponor dan gua.

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

Salah satunya adalah Gua Rancang Kencono yang terletak di desa Bleberan, Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Dimana  menurut sejarah gua ini termasuk gua purba yang ada di Gunungkidul dan merupakan satu gua yang sarat cerita mulai dari jaman prasejarah hingga masa perjuangan Laskar Mataram. Pada jaman dahulu gua ini dijadikan sebagai tempat persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram pada saat mempunyai rencana untuk mengusir penjajah Belanda dari Kasultanan Ngayogyokarta Hadiningrat. Karena digunakan untuk merancang strategi dan tujuan mulia maka gua ini dinamakan Gua Rancang Kencono.a

Untuk memasuki gua ini cukup menuruni tangga batu yang sudah dibangun sejak dulu Gua ini mempunyai pelataran yang luas. Langit-langit gua tampak dihiasi stalaktit yang mungkin sudah mati karena sudah tidak ada tetesan airnya. Juga terdapat lorong yang konon menghubungkan Gua Rancang Kencono dengan Air Terjun Sri Gethuk. Gua purba ini terdapat di bawah tanah dan terdapat pohon klumpit raksasa di tengah-tengah mulut gua.

Wisata Kalisuci

Tempat wisata ini disebut Kalisuci karena di sini terdapat mata air yang letaknya di sebelah atas aliran sungai yang airnya sangat jernih dan tetap jernih meskipun hujan. Sumber mata air ini duluny merupakan satu-satunya sumber kehidupan masyarakat di sekitar untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari baik minum, mandi, cuci, dan lain-lain. Tanpa di masak pun air dari sumber air Kalisuci bisa langsung diminum tanpa takut terkena sakit, karena sumber air tersebut belum tercemar limbah apapun.

Kalisuci terletak di desa Pacarejo Kecamatan Semnu dengan jarak dari kota Wonosari sekitar 12 km, di pedukuhan Jetis Wetan. Menurut cerita sumber mata air Kalisuci dipercaya bisa menyembuhkan penyakit walaupun belum pernah diuji kebenarannya. Di sini Anda dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa indahnya sambil memandangi tebing-tebing batu kapur yang sangat mempesona dan air yang jernih tampak begitu menyegarkan. Menikmati indahnya stalaktit dan stalakmit serta cericit kelelawar yang bergelantungan di atas langit-langit gua menambah suasana semakin menakjubkan.

 wisata gunungkidul

wisatai Gunungkidul

Wisata di sini menawarkan kegiatan susur sungai  bawah tanah (rafting) sekaligus susur gua (cave tubing) di kawasan karst Gunungkidul. Tidak harus bisa berenang, Anda nanti akan dilengkapi dengan pelampung sebagai sarana standar keselamatan. Gua ini cukup panjang dengan langit-langit yang cukup tinggi dan kedalaman sungai sekitar 2-3 m.

Wisata Gua Jomblang

Gua Jomblang adalah sebuah gua yang merupakan salah satu gua dari sekitar 500 gua yang ada di Gunungkidul dimana lokasi gua ini terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul. Gua Jomblang ini memiliki cerita sejarah yang sangat kelam karena konon pada sekitar tahun 1970-1980 gua ini digunakan sebagai lokasi pembunuhan masal anggota PKI.

Gua Jomblang berupa gua vertikal dengan hutan purba yang rapat di dasarnya. Sebuah lorong sepanjang sekitar 300 m yang dihiasi dengan ornamen gua yang indah akan membawa Anda menuju Gua Grubug tempat dimana Anda bisa menyaksikan cahaya surya yang jatuh dari atas gua mengenai dasar gua sehingga pemandangan ini bagaikan pilar tinggi yang berada di tengah gua. Gua ini memang sudah terkenal karena keunikan dan keindahannya yang tidak terbantahkan. Gua Jomblang terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang sudah terjadi ribuan tahun yang lalu dan runtuhan ini membentuk luweng. Gua ini memiliki mulut gua seluas 50m, ini juga disebut dengan nama Luweng Jomblang.

wisata gunungkidul

wisata gunugkidul

Untuk memasuki gua Jomblang diperlukan kemampuan teknik tali tunggal /SRT(Single rope Technique). Oleh karenanya siapapun yang hendak caving di Jomblang wajib menggunakan peralatan  khusus yang sesuai dengan standar keamanan caving di gua vertikal, dan harus didampingi oleh penelusur gua yang sudah berpengalaman.

Petualangan menuju kedalaman perut bumi dimulai saat menuju bibir gua yang sudah disiapkan dahulu sebagai lintasan. Ada beberapa lintasan di Gua Jomblang dengan ketinggian beragam mulai 40m hingga 80 m. Jika baru pertama kali menuruni gua vertikal maka lintasan yang dipilih merupakan lintasan terpendek, selanjutnya menuruni tali sekitar 20 m panjangnya untuk sampai di dasar gua.

Di sini di perut gua ini Anda akan menyaksikan hamparan pemandangan hijaunya    hutan yang sangat subur. Aneka lumut, paku-pakuan, semak hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Hutan dengan vegetasi yang jauh berbeda dengan kondisi di atas sering dikenal dengan nama hutan purba. Waktu terbaik bagi Anda untuk mengunjungi Gua Jomblang adalah sekitar pukul 10.00 – 12.00 WIB sebab pada saat itu matahari tepat berada di atas kepala sehingga tercipta cahaya surya yang indah.

Wisata Pantai Gunungkidul : Baron, Krakal, Kukup dan Indrayanti

Pantai Baron

Pantai Baron adalah pantai di Gunungkidul yang sudah terkenal karena keindahan pemandangannya dan lokasinya adalah di desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Nama Baron beasal dari nama seorang bangsawan Belanda yang  pada jaman dahulu yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini yaitu Baron Skeber. Obyek wisata pantai Baron ini berupa pantai yang membentuk cekungan terlihat pada gambar berikut :

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

Di pinggiran pantai Anda nanti dapat menyaksikan kapal-kapal nelayan yang menepi karena pantai ini merupakan tempat berlayarnya para nelayan yang mencari ikan di laut.Di sini Anda juga dapat menikmati wisata kuliner berupa masakan ikan laut / seafood karena di sini juga terdapat tempat pelelangan ikan sehingga aneka macam ikan laut beserta olahannya tersedia di sini. Jenis ikan laut yang biasa dijual adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol. Wahana permainan anak-anak juga akan Anda temui disini.

Pantai Baron pada saat tertentu juga sering dijadikan tempat menyelenggarakan upacara sedekah laut yaitu tiap 1 Syuro dalam kalender Jawa. Upacara ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur penduduk setempat atas melimpahnya tangkapan ikan di pantai Baron.

Keunikan pantai Baron adalah adanya sungai bawah tanah yang mengalir cukkup deras ke arah lautan. Pemndangan lain yang akan Anda dapati adalah sebuah bukit yang ada di sekitar pantai sehingga Anda dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit tersebut.

Pantai Krakal

Pantai Krakal adalah satu pantai yang ada di deretan pantai-pantai yang indah di laut selatan yang ada di Kabupaten Gunungkiul. Pantai ini memiliki beberapa spot surfing tersembunyi yang menantang. Pantai ini juga mempunyai bentangan garis pantai yang sangat panjang dan merupakan yang terpanjang di antara pantai-pantai di Gunungkidul.

Gambar berikut menunjukkan suasana Pantai Krakal di Gunungkidul :

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

Garis pantainya landai dan bertabur dengan pasir putih sertah hempasan ombaknya tidak terlalu besar tapi sngat jernih. Sebagian besar bibir pantainya dihiasi batu karang yang menjadi rumah bagi ikan-ikan karang yang berwarna warni. Selain memiliki kecantikan alam yang eksotik nan indah, pantai Krakal juga menyimpan ombak yang cocok bagi Anda yang suka bermain selancar. Jika ingin bermain selancar di sini harus berjalan terlebih dahulu menuju ke deretan batu karang yang berada di lepas pantai dan kemudian menyongsong ombak yang bertipe reef break dan cukup menantang.

Dasar lautnya banyak didominasi karang sehingga bagi Anda yang suka surfing harus ekstra hati-hati. Dry season sekitar bulan Maret dan September merupakan waktu terbaik untuk menunggu barel di pantai Krakal.

Pantai Kukup

Pantai Kukup adalah satu pantai dari sekian pantai di Gunungkidul yang juga mempunyai keunikan tersendiri. Pantai ini terletak di dusun Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Jadi dalam satu dusun pun di wilayah Gunungkidul terdapat lebih dari satu pantai dan sudah menjadi rahasia umum bahwa pantai-pantai di Gunungkidul semuanya menyimpan pemandangan yang sangat indah dan eksotis. Demikian juga dengan pantai Kukup yang menjanjikan pemandangan yang eksotis pula.  Dalam perjalanan menuju pantai Kukup ini Anda akan menemui rute yang berkelok=kelok dan naik turun serta di kanan kiri jalan tersaji pemandangan hijaunya pepohonan tropis.

Salah satu keistimewaan pantai Kukup adalah kaya akan biota laut seperti beragam ikan hias dengan aneka warna yang indah. Anda bisa melihat aquarium laut yang secara alamiah terbentuk di karang-karang di pinggir pantai. Bagi Anda pecinta gua juga dapat Anda temui gua di kawasan ini yaitu gua-gua karang yang eksotis nan teduh.

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

Bagi Anda yang mempunyai hobi memencing, di sini mungkin cocok dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan ikan-ikan yang hidup di lingkungan pantai. Pantai Kukup ini juga merupakan percontohan penataan kawasan wisata Pantai di Jogjakarta. Pada saat bulan Syuro menurut kalender Jawa, Anda juga bisa menyaksikan penduduk setempat melakukan proses ritual sedekah laut atau yang disebut labuhan.

Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Di sini juga didapati adanya gardu pandang yang terletak di atas sebuah batu karang yang kokoh yang menjorok kearah laut. Batu karang ini terpisah cukup jauh dari pesisir pantai. Untuk bisa sampai ke gardu pandang And dapat melewati jembatan yang sengaja dibuat untuk menghubungkan batu karang tersebut dengan daratan dekat pesisir pantai. Pantai Kukup juga terkenal sebagai aquarium alam karena banyak sekali ikan hias berwarna warni yang hidup di habitat laut pantai ini.

Pantai Indrayanti / Pantai Pulang Sawal

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal (sering disingkat Pantai Pulsa) adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang sangat indah, romantis dan eksotis. Awalnya pantai ini dikenal masyarakat dengan nama Indrayanti yang merupakan nama pemilik kafe dan restoran setempat. Kemudian oleh pemerintah diberi nama Pantai Pulang Sawal. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih dan bebas dari sampah. Hal ini disebabkan karena pihak pengelola memberikan denda sebesar Rp 10.000 untuk tiap sampah yang dibuang oleh pengunjung sehingga pengunjung takut untuk membuang sampah. Dan perlu diketahui bahwa Pemkab Gunungkidul hanya mengakui nama Pantai Pulang Sawal bukan Indrayanti.

Pantai Indayanti saat ini telah menjadi salah satu alteratif wisata paling diminati di kawasan Jogjakarta. Jalan menuju pantai ini selain banyak tikungan juga banyaktanjakan dan turunan, jadi berkelok-kelok dan naik turun.

 wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

Pantai yang terletak di dusun Ngasem, desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul ini juga berdekatan dengan destinasi populer lainnya di Gunungkidul. Lokasi pantai Indrayanti terletak tepat di sisi Timur pantai Sundak dimana keduanya dibatasi oleh perbukitan karang.

Pantai Indrayanti menawarkan panorama indah yang unik dibandingkan dengan pantai-pantaai lain di Gunungkidul. Tidak hanya bentang pasir putih yang mempesona dan megahnya perbukitan batu karang, tetapi juga jernihnya air laut yang terlihat biru bersih seolah mengajak para pengunjung untuk berenang.

Panttai Drini

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

 

Pantai Sepanjang

 

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

Pantai Sadranan

 

wisata gunugkidul

wisata gunungkidul

 

Bukit Bintang

 

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul

 

Pantai Nglambor

 

wisata gunungkidul

wisata gunungkidul