INFO RENTAL TERBARU
TARIF FLEKSIBEL, SERVICE EXCELLENT
INFO RENTAL
SEWA MOBIL DAN PAKET WISATA MURAH BOOKING KE MANA SAJA, KAPAN SAJA DAN START DARI MANA SAJA
INFO RENTAL
TIDAK MELAYANI PAKET SEWA SELF-DRIVE (LEPAS KUNCI)
087738074082
082136056127
5A878051
Customer service 1

Customer service 2

Paket Jogja 4. Tamansari-Kotagede-Prambanan-Candi Ratu Boko Sunset.

Jumat, Desember 25th 2015.

Wisata Tamansari Kotagede Prambanan Ratu Boko –  Paket Wisata Jogja 4

Paket Jogja 4. Tamansari-Kotagede-Prambanan-Ratu Boko Sunset

Wisata Tamansari

Tamansari merupakan komplek peninggalan Sultan Hamengkubuwono I yang pada jaman dahulu merupakan tempat rekreasi bagi Sultan beserta kerabat istana sekaligus merupakan benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765. Dan merupakan salah satu dari sekian banyak banyak tempat wisata sejarah  yang ada di Jogjakrta. Letaknya dekat dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Alun- Alun Utara Kraton. Sekarang Istanan Air Tamansari merupakan salah satu cagar budaya dan menjadi tujuan wisata populer di Jogjakarta.

Gambar berikut menunjukkan tempat obyek wisata tamansari yogyakarta :

wisata tamansari kotagede prambanan ratu boko

wisata tamansari kotagede prambanan ratu boko

Istana Air Tamansari Jogja mempunyai 4 kompleks yaitu :

  1. Danau buatan yang terletak di sebelah barat.
  2. Pemandian Umbul Binangun terletak di sebelah selatan danau buatan
  3. Pasarean Ledok Sari dan kolam Garjitawati, terletak di sebelah selatan Umbul Binangun
  4. Bagian sebelah timur yang memanjang dari Pemandian Umbul Binangun sampai Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati merupakan danau dengan pulau buatan serta jembatan gantung dan kanal.

Gemericik air dan keindahan arsitektur yang kuno dan pemandangan yang menakjubkan membuat tempat ini sangat mempeona.

Wisata Kotagede

Kawasan Kotagede adalah merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang menarik di Jogjakarta, dan merupakan pusat kerajinan perak yang sudah terkenal. Karakter budaya lokal yang  unik, adat istiadat yang kental, aneka kuliner bercita rasa tinggi serta kerajinan tangan penduduk lokal yang menarik di Kotagede adalah sebagian dari ciri khas  wisata Jogja.

Berikut ini memperlihtkan salah satu lokasi di obyek wisata Kotgede Yogyakarta :

wisata tamansari kotagede prambanan ratu boko

wisata tamansari kotagede prambanan ratu boko

Kotagede yang dijuluki sebagai Kota Tua ini memiliki banyak bangunan tua yang menjadi saksi sejarah , yaitu:

1.Pasar Tradisional Kotagede

Pasar ini merupakan pasar tradisional tertua di Jogjakarta, telah ada sejak zaman kerajaan dan masih tetap aktif sampai sekarang. Aktivitas jual beli begitu marak terutama setiap Legi (hari pada Kalender Jawa). Jika Anda ingin mengunjungi Kotagede dari sinilah star awal yang sangat baikdan selanjutnya Anda bisa ke arah selatan berjalan kaki menuju makam pendiri kerajaan, rerunthan Benteng Dalam ataupun ke lokasinBeringin Kurung.

2.Kompleks Makam Raja-Raja Mataram.

Sekitar 100 m di arah selatan Pasar Tradisional Kotagede Anda dapat melihat tembok kokoh menjulang tinggi memagari makam raja dan tokoh pendiri kerajaan Mataram. Bagian depan makam ditandai gapura dengan karakteristik arsitektur Hindu.

3.Masjid Agung Kotagede.

Masjid ini merupakan masjid agung paling tua di Jogjakarta, yang terletak pada area yang sam dengan makam Pendiri Kerajaan Mataram.

4.Rumah Tradisional.

Terletak di seberang jalan depan Kompleks makam, Anda dapat menyaksikan rumah tradisional asli Jawa. Jika Anda berjalan kurang lebih 50 mlagi ke selatan akan melihat plakat “Cagar Budaya” yang merupakan komplek rumah-rumah tradisionalasli Kotagede yang masih terawat dengan baik dan masih berfungsi sebagai rumah tinggal.

5.Reruntuhan Benteng.

Memiliki luas sekitar 400 x 400 m lengkap dengan parit yang pada jaman dulu berfungsi sebagai benteng pertahanan keraton, memiliki tebal 4 kali, terbut dari bongkahan batu berukuran besar.

Wisata Candi Ratu Boko Sunset.

Candi Boko atau Situs Ratu Boko adalah situs purbakala yang merupakan komplek sisa bangunan yang berada kurang lebih 3 km selatan komplek Candi Prambanan, terletak di sebuah bukit pada ketinggian 195 m dpl.

Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja). Berdasar kenyataan bahwa komplek ini bukan candi atau bangunan yang bersifat religius, melainkan sebuah istanan berbenteng dengan bukti adanya sisi dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan.

Berikut gambar memperlihatkan panorama sunset di candi ratu boko Yogyakarta :

wisata tamansari kotagede prambanan ratu boko

wisata tamansari kotagede prambanan ratu boko

Keistimewaan situs ini adalah adanya tempat di sebelah kiri gapura yang sekarang biasa disebut “tempat kremasi”. Mengingat ukuran dan posisinya, tak pelak lagi ini merupakan tempat untuk memperlihatkan sesuatu atau suatu kegiatan. Pemberian nama”tempat kremasi” menyiratkan harus adanya kegiatan kremasi rutin di tempat ini.

Pemerintah pusat sekarang memasukkan komplek situs Ratu Boko ini ke dalam otorita khusus bersama dengan pengelolaan Candi Borobudur dan Candi Prambanan dengan BUMN bernama PT. Taman Wisata Candi setelah kedua candi ini dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Jika Anda ingin menyaksikan panorama sunset di tempat ini maka harus dipersiapkan bahwa kunjungan Anda pada sore hari menjelang matahari terbenam, karena dari tempat ini Anda dapat menyaksikan pesona  indahnya matahari  terbenam yang akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda.